Hati-Hati, Gigi Berlubang Bisa Menular !!

Jangan di kira gigi berlubang tak bisa menular, anda salah besar. Karena ternyata gigi yang berlubang dapat menular ke orang lain. Lalu bagaimana caranya? oke silahkan simak penyebab gigi berlubang menular berikut ini.


Penyebab gigi berlubang dan busuk adalah bakteri Streptococcus mutans. Bakteri ini bisa menular seperti halnya bakteri pilek atau flu yang menyebar dari satu orang ke orang lain.


Nah bakteri inilah yang menyebabkan gigi berlubang itu menular, bagaimana caranya? Tentu saja melalui kontak dengan orang yang giginya berlubang. Seperti berbagi sendok ketika makan dan saling berciuman. Hal ini akan membuat orang yang giginya sehat tertular bakteri Strep mutans yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Yang jelas segala aktifitas atau alat apapun yang berhubungan dengan mulut dan digunakan secara bersama akan dapat menyebabkan perpindahan bakteri ke gigi orang yang sehat dan secara perlahan akan membuat gigi berongga dan kemudian berlubang.

Lalu bagaimana mengatasinya?Tentu saja harus sikat gigi setiap habis makan. Kalau sikat gigi pagi hari dan sebelum tidur aja belum cukup karena bakteri yang telah tertular tadi tetap akan ikut mengkonsumsi sisa-sisa makanan yang berada di gigi.

Kemudian akan menghasilkan asam yang bisa menyebabkan gigi berongga dan kemudian berlubang. Untuk itu alangkah baiknya anda sikat gigi sehabis makan. Agar kesempatan bakteri untuk ikut mengkonsumsi sisa-sia makanan menjadi berkurang.