Fakta Mengenai Kuning Telur yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kuning telur atau dalam bahasa inggris disebut dengan egg yolk merupakan bagian daripada telur dimana embrio berkembang. Kuning telur dikelilingi oleh putih telur (albumen atau ovalbumin). Sebagai makanan, kuning telur merupakan sumber utama beberapa vitamin dan mineral. Kuning telur juga banyak mengandung lemak, kolesterol dan protein.
http://1.bp.blogspot.com/_5J4zj9bfN7w/TDV-_0nmY2I/AAAAAAAAAUs/VGkFQ7Zpt3w/s1600/a1.gif
1. Warna kuning telur dipengaruhi oleh makanan si ayam
Warna kuning telur tergantung kepada jenis makanan yang dikonsumsi oleh ayam penghasil telur tersebut. Pakan ayam yang mengandung jagung akan menghasilkan telur berwarna lebih kuning daripada kuning telur ayam yang tidak diberi jagung.

2. Vitamin A dan kuning telur
Warna pada kuning telur ditentukan oleh banyakknya pigmen karotenoid yang berhubungan dengan vitamin A. Satu kuning telur ayam mengandung vitamin A setara dengan hampir setengah vitamin A wortel ukuran sedang. Makin kuning telurnya, makin sehat mata Anda!

3. Kolesterol dan kuning telur
Sayangnya selain vitamin, kuning telur juga tinggi kolesterol. Kolesterol satu kuning telur ayam besar setara dengan kolesterol dalam 75 gram hati jeroan sapi, Berdasarkan penelitian, satu butie kuning telur mengandung sekitar 213 mg kolesterol. Dan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol dalam darahnya, itu sudah melebihi batas yang diizinkan, 200 mg. Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun asupannya tetap harus dibatasi.
Cuman masyarakat awam selalu mengindentikan kolesterol dengan penyakit jantung, stroke dll. Sebenernya kolesterol itu dibutuhkan tubuh juga loh gan untuk proses regulasi sel-sel tertentu. Fungsi kolesterol itu salah satunya membentuk dinding sel, karena dinding sel kita itu fosfolipid bilayer. Lipid itu maksudnya lemak atau kolesterol.

4. Kuning telur matang lebih baik.
Penelitian yang dilakukan oleh Belgia menyebutkan kalau protein yang diserap oleh kuning telur (juga putih telur) naik dari hanya 51 % jika telur masih mentah, menjadi 91 % jika telur telah matang. Selain aman dari bakteri juga lebih banyak protein yang diserap oleh tubuh.

5. Kuning telur selalu di tengah.
Tali putih yang biasanya kita amati pada bagian putih telur disebut calazae, dan ternyata berfungsi untuk menahan kuning telur berada di tengah telur dan tidak menempel di cangkang telurnya.

6. Usapkan kuning telur pada rambut
Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga membantu pertumbuhan rambut dengan cara langsung mengusapkan kuning telurnya pada bagian akar rambut, dikabarkan rambut lebih subur dan kebotakan akan menjauh dengan cara ini. Asal jangan lupa cuci rambut agan sebelum keluar rumah!

7. Kandungan Gizi kuning telur.
Menurut USDA National Nutrient Database, satu kuning telur mengandung kurang lebih: 2.7 gr protein, 210 mg kolesterol, 0.61 gr dan 4.51 gr lemak.

Kuning telur juga mengandung semua vitamin larut lemak seperti A, D, E dan K.

Kandungan asam lemak dalam kuning telur:

1. Asam lemak tak jenuh
* Asam Oleic, 47 %
* Asam Linoleic, 16 %
* Asam Palmitoleic, 5%
* Asam Linolenic, 2 %
2. Asam lemak jenuh
* Asam Palmitic, 23 %
* Asam Stearic, 4 %
* Asam Myristic, 1 %


Kuning telur juga mengandung lesitin, yang berfungsi untuk emulsifier.