Ini Lamborghini Seharga Rp2,4 Miliar

Lamborghini mengumumkan tengah memproduksi Sesto Elemento, mobil balap mewah besutan pabrikan asal Italia. Rencananya, mobil yang hanya diproduksi 20 unit ini akan mulai dipasarkan pada Oktober tahun ini.

Laman Top Speed, Jumat 6 Mei, melaporkan bahwa Lamborghini rencananya membandrol harga 1,9 juta euro, atau sekitar Rp2,4 miliar untuk kurs saat ini.

Mengapa mobil ini sampai miliaran rupiah? Lamborghini menggunakan serat karbon versi terbaru, yaitu serat karbon khusus yang diperkuat dengan plastik (CFRP). Lamborghini telah sukses membangun mobil ini dan melakukan berbagai macam uji coba.

Bagian yang dirancang paling unik adalah seluruh rodanya terbuat dari serat karbon, dan knalpotnya terbuat dari bahan yang disebut pyrosic. Ini adalah komposit keramik kaca yang dapat menahan panas sangat tinggi.

"Lamborghini Sesto Elemento menunjukkan bagaimana masa depan mobil supersport, mobil rekayasa yang sangat ringan dan dikombinasikan dengan kinerja ekstrem," kata Presiden dan CEO Automobili Lamborghini, Stephan Winkelmann.

Sesto Elemento dilengkapi dengan mesin V10 yang merupakan hasil pengembangan Lamborghini dengan Boeing. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga 570 HP. Ini memungkinkan Sesto Elemento berlari dari 0 hingga 96,5 kilometer per jam hanya dalam 2,5 detik. Sedangkan kecepatan maksimal mobil ini di atas 300 kilometer per jam.

Sesto Elemento menggunakan transmisi e-gear yang dikendalikan oleh shifter pada kolom kemudi. Bagian lain, Sesto Elemento menggunakan teknologi roda all-wheel drive hasil pengembangan Audi.

Dengan harga Rp2-3 miliar, mobil ini akan berhadapan langsung dengan Koenigsegg Agera R, yang sudah terkenal dengan teknologi serat karbonnya.

Berikut foto-foto Sesto Elemento yang diambil dari Top Speed.