Istana Matsumoto


Kastil Matsumoto adalah salah satu istana terindah di jepang. Kastil ini terletak di pusat kota Matsumoto sekitar 1 kilo meter timur laut dari stasiun JR Matsumoto. Kastil ini adalah salah satu adalah salah satu dari 12 kastil yang masih asli di jepang. Kastil ini juga disebut sebagai kastil burung gagak karena warnanya yang hitam.


Untuk mencapai kesana kita bisa dari Tokyo atau Kyoto atau Takayama atau Osaka. Kastil ini mulai buka tanggal 4 januari sampai 28 desember jam 8:30 sampai jam 5 sore. Untuk masuk kesana kita harus membayar tiket sebesar 600 yen.




Selain ke kastil kita bisa berjalan-jalan ke distrik Nakamachi, kita bisa menempuhnya sekitar 10 menit dari kastil Matsumoto. Disana kita akan menemui rumah-rumah tua yang masih terawat.


Dari distrik Nakamachi kita bisa meneruskan perjalanan menuju museum Ukiyoe dengan berjalan kaki ke stasiun Matsumoto. Dari stasiun Matsumoto kita bisa memilih naik taxi atau naik kereta api. Jika kita memilih naik taxi dalam 10 menit kita sudah sampai di museum Ukiyoe tapi ongkosnya cukup mahal sekitar 1000 - 1500 yen. Jika memilih naik kereta api kita cukup membayar tiket sebesar 170 yen turun di stasiun Oniwa dalam waktu 5 menit. Tetapi dari stasiun Oniwa kita harus berjalan kaki mengikuti jalur Matsumoto Dentetsu Kamikochi sekitar 20 menit menuju ke museum Ukiyoe.

Museum Okiyoe adalah musem yang mengkoleksi cetakan dari blok kayu. Yang pertama kali memulai koleksi cetakan dari blok kayu adalah Sakai yoshiaki pada 300 tahun yang lalu. Sekarang museum ini sudah mengkoleksi lebih 100.000 koleksi. Sehingga museum ini termasuk salah satu museum pribadi terbesar di dunia. Untuk masuk kesana kita akan membayar tiket sebesar 1050 yen.