Kalahkan Google, Apple Merek Paling Berharga Dunia

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1497452.jpg

Apple berhasil menjadi ‘merek paling berharga’ dunia mengalahkan Google. Selama lima tahun terakhir, Apple berhasil meningkatkan nilai mereknya hingga 859%. Seperti apa?

Spesialis iklan WPP Millward Brown mengklaim Apple sebagai merek paling berharga dunia setelah berhasil meningkatkan nilai mereknya hingga 859% dalam lima tahun. Selain itu, Brown mengklaim, penilaian yang ia lakukan dalam BrandZ Top 100 itu sangat akurat.

Pasalnya, perhitungan dilakukan dengan menjumlah ‘pendapatan yang tak dapat diraba,’ mengalikannya dengan nilai ‘kontribusi merek’ dan mengalikan hasilnya dengan ‘pendapatan merek’.

Indeks terbaru menempatkan Apple pada posisi teratas dengan nilai merek US$ 153,3 miliar (Rp1,3 kuantiliun) dan membuat Apple sukses menggeser posisi Google. Tak dipungkiri, hal ini bisa terjadi berkat sejumlah produk terbaru perusahaan itu, yakni iPhone dan iPad.

Google mengalami penurunan 2% dan menempatkan nilai mereknya pada posisi US$111,5 miliar (Rp956 triliun). Untuk melihat daftar lengkap 100 peringkat perusahaan tersebut